selamat malam sobat pelanet ilmu bertemu lagi kita kali ni akan sedikit membahas tentang penyakit lumpuh pada entok dan bagaimana cara mengatasinya, disini saya akan menyinggung sedikit tentang pengalaman pribadi ketika awal mula beternak entok ketika tahun 2014 silam ketika jumlah entok yang saya pelihara masih bisa dihitung dengan jari, setelah salah satu entok bertelur dan menetas, tak lama kemudian ketika sang anak beranjak besar terjadi lumpuh yang menyerang anakan entok saya.

menurut pengamatan dan analisa yang saya lakukan penyebabnya adalah kualitas kandang dan pakan yang tidak sehat. kalau biasanya dalam peternakan itik atau bebek penyakit lumpuh juga sering terjadi entah sama atau tidak penyebab penyakit ini sama atau tidak pada entok. kalau dalam dunia itik atau bebek penyakit ini dinamakan Rickets Duck. penyakit lumpuh ini biasanya menimpa peternak entok dengan sistem kandang yang kandangnya tidak terurus alias kotor.

kekurangan sinar matahari juga bisa mengakibatkan entok terserang penyakit lumpuh, alasanya  adalah sinar matahari bagus untunk pembentukan vitamin D pada entok, hal ini sama seperti hewan lainya bahkan manusia sekalipun, karena tulang akan bagus jika diberi vitamin D. Ricket Ducks biasanya juga disebabkan oleh kekurangan fosfor dan kalsium. berikut ini saya akan memberikan tips untuk mencegah penyakit lumpuh pada entok.

  1. bersihkan kandang secara rutin, hal pertama yang harus anda lakukan untuk mencegah penyakit lumpuh pada entok adalah dengan selalu membersihkan kandang entok anda.
  2. menjaga kualitas makanan, tips yang kedua adalah jaga kualitas makanan karena dengan memberikan makanan yang sehat dan banyak protein akan membuat entok anda lebh sehat.
  3. hindari entok makan bangkai, sebisa mungkin anda harus menghindarkan entok sobat dalam memakan bangkai karena dalam bangkai terdapat banyak sekali kuman dan bakteri merugikan.
  4. segera kasih obat, tips terakhir untuk mengatasi lumpuh pada entok adalah dengan memberi obat yang ada di toko toko peternakan, anda bisa menyamakan obat lumpuh pada bebek untuk dikasihkan ke entok.
seperti diatas 4 cara mencegah dan mengobati penyakit lumpuh pada entok, semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan atas penyakit lumpuh pada entok sobat sekalian.
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template