pengertian karya ilmiah populer beserta contohnya
banyak para ahli mendefinisikan tentang pengertian karya ilmiah terutama karya ilmiah populer. menurut Prof Dr. Suhardjono karya ilmiah populer adalah pengetahuan ilmiah yang di sajikan dalam bentuk yang tampilan yang lebih enak di baca dan dipahami, fakta yang di sajikan harus tetap objektif dan dijiwai dengan kebenaran dan metode keilmuan. sedangkan menurut amir karya ilmiah populer adalah karanga ilmiah yang berisi pembicaraaan tentang ilmu pengetahuan dengan teknik yang sederhana mengenai kehidupan sehari hari.






ciri ciri karya ilmiah adalah


  1. penggunaaan bahasa
    yang pertama adalah penggunaan bahasa, penggunaan bahasa haruslah menggunakan bahasa yang baku dan efektif dala penyajian.
  2. Struktur Penyajian
    yang kedua dari ciri ciri karya ilmiah populer adalah cara penyajian, biasanya untuk penyajian harus melalui pendahuluan, pembahasan dan penutup yang di kemas seacra baku.
  3. komponen.
    komponen dalam karya tulis ilmiah biasanya meliputi pendahuluan, daftar isi, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka.
banyak sekali contoh karya ilmiah yang banyak kita jumpai dalam kehidupan sekitar maupun dalam bidang pendidikan sehari hari. berikut salah satu contoh karya ilmiah populer.

  1. skripsi : skripsi adalah karya tulis ilmiah populer pada dunia pendidikan, skripsi biasanya di gunakan pada mahasiswa S1 untuk memenuhi syarat jenjang study sarjana mereka. 
  2. tesis : tesis adalah karya ilmiah dari hasi study sistematis atas suatu masalah. dan tesis biasanya digunakan untuk memenuhi jenjang pendidikan mahasiswa S2 untuk menempuh ke sarjana.
  3. desertasi :dan yang terakhir adalah desertasi, desertasi hampir sama seperti skripsi dan tesis yang membedakan antara ketiganya adalah desertasi digunakan untuk jenjang pendidikan S3 dan digunakan untuk memaparkan hasil penelitian sang penulis untuk penemuan terbaru.
berikut seperti diatas pengertian karya ilmiah populer beserta contoh contohnya secara lengkap.



Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template