cara budidaya entok cepat untung
kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara budidaya entok agar cepat panen, untuk sekarang ini prospek budidaya entok masih sangat menggiurkan terutama masih jarangnya ditemukan peternak yang secara intens memelihara entok sebagai sumber penghasilan utamanya. banyak yang beranggapan bahwa memelihara entok membutuhkan tenaga ekstra dan makanan entok sendiri cukup banyak kalau di bandingkan dengan unggas lainya seperti ayam.

meskipun entok makan sangat banyak namun kelebihan dari entok adalah tidak pilih pilih makanan seperti halnya ayam atau yang lainya, entok akan dengan lahapnya menyantap setiap makanan yang ditemuinya termasuk gedebog pisang bahkan sampai kangkungdan enceng gondok di sawah. nah itu lah yang menjadi sumber minimnya biaya pemeliharaan entok.

berikut adalah cara membuat pakan entok dari gedebok pisang


oke berikut ini cara perawatan entok sejak doe.

  1. hal pertama yang harus anda lakukan ketika entok menetas adalah pisahkan dari indukan dan taruh di box, pastikan box di kasih lampu agar selalu hangat ketika malam hari, dan jauhkan dari pemangsa binatang buas.
  2. kasih makanan yang berprotein tinggi untuk anak entok selama masa pertumbuhan bisa menggunakan sentrat pabrikan maupun libah ikan yang ada di sekitar anda sekalian.
  3. sekitar umur 3 mingggu sang anak entok sudah bisa di lepas ke kandang untuk mempercepat proses pertumbuhanya.
  4. dalam melepas ke kandang usahakan agar di pisah dengan yang lebih besar agar tidak kalah dengan yang lebih besar.
  5. sekitar umur 3 bulan entok sudah mulai rakus rakus nya terhadap makanan, pada tahap ini anda dituntut untuk berkreatifitas mencari pakan alternatif selain bekatul maupun jagung, dan pada tahap ini proses di balik menjadi bekatul hanya menjadi tambahan.
  6. anda bisa memanfaatkan gedebog pisang, daun daunan, pepaya atau bahkan nangka yang jatuh dari pohonya, sukur sukur rumah anda dekat dengan persawahan anda bisa mencari keong mas untuk menambah protein supaya entok cepat besar.
  7. selesai lah tahap demi tahap pemeliharaan entok, tunggu hinggan 6-8bln hingga entok bertelur maka anda akan memperoleh kenikmatan beternak entok.
baik seperti diatas dulu tips dan trik ilmu beternak entok kali ini semoga bermanfaat buat anda semua dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template