hai sobat pelanet ilmu bertemu lagi dengan saya kali ini saya akan membahas tutorial seputar dunia programing yaitu tentang programing web khususnya tentang framework codeigniter, sebelumnya untuk yang masih belum tahu apa itu framework codeigniter adalah framework php yang berbasiskan MVC(Model, View dan Controll). hampir sama dengan framework framework php lain namun disini CI(Codeigniter) memberikan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh framework lain.

tutorial kali ini akan berfokus pada bagaimana melakukan enkrisi teks atau kata ke format sha1, apabila kita menggunakan cara manual dan tidak menggunakan framework pastinya akan sangat kesulitan. berikut ini selengkapnya cara enkripsi teks ke sha1 menggunakan codeigniter. disini saya asumsikan anda sudah memahami konsep mvc terutama pada codeigniter.

oke langsung saja buatlah file pages.php pada folder controller dan rubah konfigurasi pada routes.php ke pages. dan pada file pages tadi anda bisa memasukan code seperti berikut ini.

<?php
class Pages extends CI_Controller {
    public function index()
    {
       
        $this-> load->library('encrypt');
        $a='pesan rahasia saya';
        $enkripsi=$this->encrypt->sha1($a);
        echo $enkripsi;
       
    }
}
?>

selanjutnya anda tinggal mengakses ke localhost/igniter/index.php/ makahasil enkripsi adalah seeprti berikut ini c32d9efb3b9ba884f4beb558a5bcdff74f514010. oke selamat mencoba...


Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template