fungsi logika pada microsoft excel adalah fungsi yang biasanya digunakan untuk menguji kebenara suatu data berdasarkan syarat tertentu. Fungsi ini paling sering digunakan karena merupakan salah satu dasar dari fungsi microsoft excel. dengan menggunakan fungsi logika kita dapat mengisikan data dengan syarat atau kondisi tertentu dimana jumlah item data cukup besar sehingga diperlukan suatu cara cepat dalam mengisikan data tersebut. berikut ini beberapa fungsi logika pada microsoft excel

fungsi And, Or, NOT pada microsoft excel

  1. Fungsi And, Or dan Not
    fungsi and dan or adalah fungsi yang paling sering digunakan dalam microsoft excel terutama dalam hal pengolahan data. kedua fungsi ini akan menghasilkan nilai tunggal yaitu true atau false. walaupun menghasilkan nilai tunggal namun fungsi ini memiliki syarat yang berbeda.
    • Fungsi AND
      fungsi ini digunakan untuk menghasilkan nilai kebenaran dari sebuah data. jika semua argumen terpasang bernilai benar, maka akan menghasilkan nilai true, dan akan menghasilkan nilai salah jika ada satu atau lebih argumen yang bernilai salah.
      contoh =AND(true,true)--->maka menghasilkan nilai true.
      contoh =AND(1+2=3,2+3=5)--->Maka akan menghasilkan nilai true
    • Fungsi OR
      berbeda dengan fungsi and fungsi or dalam penerapanya akan bernilai true jika salah satu argumen ada yang bernilai benar.
      contoh =OR(true,true)--->maka akan menghasilkan nilai true
      contoh =OR(true, false)--->maka akan menghasilkan nilai true karena ada salah satu argumen bernilai true.
      contoh =OR(false,false) ---->maka akan menghasilkan nilai false karena semua argumen bernilai false.
    • Fungsi NOT
      berdasarkan namanya, fungsi not digunakan untuk menghasilkan nilai kebalikan dari logika yang sedang diuji
      contoh =NOT(4*5=20)---> akan menghasilkan nilai false karena sebenarnya 4*5 adalah 20.
seperti itulah fungsi and, or not pada microsoft excel dan penerapanya, semoga bermanfaat bagi pembaca pelanet ilmu. untuk fungsi fungsi lain dari microsoft excel akan segera menyusul.
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template