baik sahabat pelanet ilmu kali ini saya akan sedikit berbagi tentang cara menghafal kitab suci Al-Qur'an, cara ini diperoleh setelah admin membaca sebuah buku dan menurut pengalaman teman admin sendiri, tapi jangan salah admin bukanlah orang yang hafal Al-Qur'an. disini admin hanya akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara cepat menghafal Al-Qur'an. banyak sekali kelebihan dan keutamaan bagi penghafa Al-Qur'an seperti menjadi syafaat bagi pembacanya dihari kiamat, mendapatkan predikat insan terbaik, dan yang pasti mendapatkan pahala.
11 cara menghafal Al-Qur'an secara cepat
Hafalan Al-Qur'an

selain manfaat spiritual yang luar biasa ini, menghafal Al-Qur'an memberikan ketenangan hati yang luar biasa. jiwa akan menjadi tentram dan nyaman. kebahagiaan yang hebat akan kita rasakan. terutama saaat kita mampu menghafal ayat demi ayat, lebih lebih ketika kita mampu menyelesaikan hafalan Al-Qur'an tersebut. sebelum memutuskan untuk menghafal Al-Qur'an ada beberapa kaidah yang harus anda penuhi terlebih dahulu seperti ikhlaskan hati, menguatkan tekad, dan pahami tajwid dengan benar.

berikut ini 11 tips dan cara menghafal Al-Qur'an secara cepat

  1. 30 menit dalam sehari 
    usahakan meluangkan waktu walau hanya 30 menit dalam sehari untuk menghafal Al-Qur'an, gunakan waktu yang khusus dan nyaman agar menghafal lebih mudah dan tenang.
  2. mulai dengan juz yang mudah
    mulailah dengan juz yang paling mudah karena apabila anda bisa menghafal akan menambah semangat sobat dalam menghafal Al-Qur'an.
  3. ulangi 25 kali
    setidaknya ulangi 25 kali yang sudah anda hafalkan meskipun anda sudah hafal, jangan merasa sombong dahulu karena anda sudah bisa menghafal.
  4. setorkan hafalan anda
    setelah anda merasa hafal setorkan hafalan anda untuk dibenarkan, hal ini mutlak penting.
  5. Mushaf anda menentukan
    mushaf anda juga menentukan sebaiknya anda menghafal dari satu mushaf dan diberi tanda.
  6. Selalu bersama Al-Qur'an
    selalu bersama Al-Qur'an seperti selalu membawa mushaf kemana saja, dan dengarkanlah tilawah karena ini akan menambah ingatan anda tentang menghafal Al-Qur'an.
  7. Menjaga sholat berjamaah
    dengan sholat berjamaah akan membantu anda untuk mengingat bacaan Al-Qur'an dan cobalah untuk menjadi imam sholat agar melatih hafalan Al-Qur'an sobat.
  8. Lancarkan Dulu, baru menambah bacaan Al-Qur'an
    sebaiknya anda melancarkan dahulu hafalan sebelumnya sebelum berfikir untuk menambah hafalan berikutnya.
  9. Perhatikan ayat-ayat yang mirip.
    dalam Al-Qur'an banyak sekali ayat ayat yang mirip. anda juga harus paham dan mengetahui ayat ayat mutasyabihat.
  10. Ikuti Musabaqah Hizfil Qur'an
    dengan mengikuti Musabaqah Hizfil Qur'an akan menambah semangat sobat dalam menghafal Al-Qur'an.
  11. Dengarkanlah tilawah Al-Qur'an
    mendegarkan bacaan Al-Qur'an juga menambah kita untuk mengingat dan menghafal Al-Qur'an.
sekian sobat pelanet ilmu tentang 11 cara cepat menghafal Al-Qur'an, semoga adik adik atau sobat bisa menghafal Al-Qur'an supaya bisa bermanfaat bagi agama dan negara. smpai ketemu lagi di artikel lanjutnya semoga bermanfaat.
Next
This is the most recent post.
Previous
Catatan Lama
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template