hai sahabat pelanet ilmu berjumpa lagi dengan sang admin, kali ini kita akan memberikan sedikit tips dan tutorial tentang bagaimana cara membuat tabel view pada mysql, mungkin bagi sebagian sobat yang belum tahu tentang apa itu tabel view akan saya jelaskan sedikit apa itu tabel view dan apa fungsi dari tabel view pada database. kalau menurut pemahaman saya tabel view adalah tabel yang dipengaruhi atau dibentuk dari tabel lain baik itu dari tabel view lain maupun dari tabel fisik.. terus mungkin masih ada yang bertanya tanya apa sebenarnya fungsi dari tabel view, tabel view berfungsi untuk membentuk tabel baru yang di pengaruhi oleh tabel lain.

oke langsung saja begini tutorial tentang cara membuat tabel view pada mysql, disini saya menggunakan navicat untuk memudahkan dalam proses pembuatan nantinya, anda bisa mengikutinya lewat tool apa saja yang penting anda sudah menguasai basic dari database mysql. oke lets go...!!

hal pertama adalah buat database dahulu seperti berikut ini. disini saya membuat database denga nama tes_view. seperti berikut ini.
cara membuat tabel view     

tahap kedua buatlah tabel pada database tes_view dengan nama tabel transaksi seperti gambar dibawah ini untuk strukturnya.
cara membuat tabel view


dan pada tahap terakhir adalah inti dari postingan kita kali ini yaitu membuat tabel view. disini anda harus melakukan klik dahulu pada icon view diatas, atau bisa langsung klik kanan icon view di sidebar navicat dan klik new view. selenjutnya tuliskan syntax sql seperti berikut ini: SELECT SUM(jumlah_transaksi) as Total from transaksi.

dari kode diatas didapat bahwa kita mencari total transaksi dari jumlah transaksi pada tabel transaksi. dan tampilanya akan terlihat seperti berikut ini.


cara membuat tabel view

apabila kurang jelas anda bisa mendownload file sql nya langsung dibawah ini.


seperti diatas konsep tentang cara membuat tabel view pada mysql, semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template