selamat sore bertemu lagi dengan saya admin dari pelanet ilmu, kalau kemaren kita sudah berbagi sedikit dan mengulas tentang makanan tambahan atau campuran untuk entok kali ini saya akan sedikit mengulas lebih detail tentang bagaimana cara membuat makan entok dari gedebok pisang, mengapa memilih gedebok pisang, dari yang saya pelajari entok cenderung memakan batang pisang di kebun, dan dari pengalaman orang tua sendiri yang turun temurun memberikan makan entok menggunakan gedebok pisang.

cara membuat pakan entok dari gedebok pisang


untuk kandungan gizi dari gedebok pisang sendiri saya tidak tahu dan tidak pernah meneliti juga, dalam praktiknya yang setiap hari saya lakukan adalah bagaimana membuat entok kenyang dan mau makan, karena sifat entok yang banyak makanya oleh sebab itulah kita harus pandai pandai mensiasati agar kita tidak rugi dalam beternak entok, memberi makan entok dengan gedebok pisang mungkin akan sedikit menguras waktu anda, karena anda harus mencacah gedebok pisang agar entok mau memakanya.

cara mensiasati supaya entok mau memakan gedebok pisang yang kita buat adalah mencampurnya dengan bekatul atau konsentrat, kalau tidak seperti itu maka entok tidak akan mau memakanya, itu menurut pengalaman saya dan tidak tahu lagi kalau ditempat anda karena sifat entok dibentuk dari kebiasaan ditempat ternak anda.

disini yang perlu sedikit diperhatikan dalam membuat pakan entok dari gedebok adalah:
  1. gedebok pisang
  2. pasrah
  3. bekatul 
  4. air

nah disini gedebok pisang anda pasrah hingga lembut setelah itu anda bisa mencampurnya dengan bekatul, setelah anda mencampur dengan bekatul campurlah dengan air kalau bisa campur juga dengan konsentrat agar protein juga terpenuhi, setelah itu aduk hingga rata dan siap di berikan untuk entok.

disini saya buatkan sedikit video taentang cara membuat pakan entok dari gedebok pisang 


sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa kunjungi artikel kami lainya seputar entok seperti dibawah ini.
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template