bagi anda yang biasa berkutat dalam dunia pendidikan maupun bisnis pasti sudah sering melakukan presentasi, presentasi sebenarnya tidak sesulit seperti yang dibayangkan beberapa orang, kesulitan presentasi sebenarnya bukan terletak pada materi yang hendak anda paparkan, tapi bagaimana anda menguasai diri anda sendiri sehingga presentasi yang anda sampaikan bisa diteriama dengan baik oleh pendengar anda.

kali ini admin pelanet ilmu akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara melakukan presentasi dengan baik sehingga mudah diterima. berikut ini beberapa tips untuk anda bagaimana cara presentasi.persiapan sebelum presentasi harus benar benar matang kalau tidak mau presentasi anda gagal di tengah jalan. minimal dari cek laptop, slide, LCD Proyektor dan lain sebagainya.

cara presentasi yang baik

berikut ini sedikit tips supaya presentasi anda lebih berkesan, tips ini saya bagi menjadi 3 tahap.
  1. persiapan: pada tahap persiapan yang harus anda perhatikan adalah kesiapan anda sebelum memulai presentasi, melakukan cek slide, dan perangkat yang hendak anda buat presentasi sangatlah penting.
  2. presentasi :tahap kedua dimana anda melakukan presentasi, usahakan tahap pertama sudah anda lakukan dengan benar semuanya, pada tahap kedua ini usahakan anda menguasai apa yang hendak anda paparkan nantinya. dalam melakukan presentasi usahakan anda terlihat komunikatif jangan hanya sekedar membaca saja, dan satu lagi usahakan bahwa slide anda berisi gambar atau animasi sehingga anda lah yang menjelaskan dari kesemuanya.
  3. tahap ketiga dan terakhir adalah penutup, pada tahap ini presentasi sudah selesai dan biasanya anda memberikan kesempatan untuk bertanya, usahakan dalam menanggapi pertanyaan anda juga harus interaktif supaya audien tidak bosan dengan presentasi anda.
seperti diatas cara membuat presentasi yang menarik, semoga artikel ini bisa membantu anda dalama mempersiapkan presentasi anda untuk lebih menarik lagi.
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template