apa sih sebenarnya faktor yang paling dominan dari kita beternak entok, apabila entok anda adalah entok kandang yang tidak anda biarkan berkeliaran untuk mencari makan sendiri. maka faktor pakan lah yang bisa membikin anda tidak balik modal. entok memang paling terkenal dengan pakanya yang sangat banyak sekali, tapi tidak usah takut kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat pakan campuran untuk entok supaya sedikit megirit pengeluaran kita dalam beternak entok.

berdasarkan pengalaman yang sudah saya jalani selama beternak entok secara konvensional, dalam arti dibuat sampingan ditengah sibuknya rutinitas sehari hari. pakan tambahan tidak setiap hari saya berikan karena entok yang saya pelihara saya biarkan mencari makan sendiri atau dalam istilah keren peternakaya sistem umbar :). oke berikut ini saya akan sedikit memberikan tips apa saja pakan tambahan entok untuk menghemat biaya pengeluaran beternak entok sobat.

makanan tambahan entok

berikut ini video cara membuat pakan entok dari gedebok pisang

  1. gedebok pisang
    gedebok pisang menjadi solusi utama dalam menangani krisis pakan entok, gedebok pisang bisa dicacah sampai lembut dan dicampur dengan bekatul. bagus lagi kalau di fermentasi dahulu supaya serat kasar lebih berkurang dan mampu diserap entok lebih baik.
    kelemahan dari gedebok pisang sendiri adalah dari segi waktu kita harus meluangkan waktu hanya untuk mencacah gedebok pisang sampai lembut benar dan dari segi kandungan protein masih kurang.
  2. gamblong
    gamblong adalah hasil limbah dari ketela atau telo orang jawa menyebutnya, entah kandungan apa yang ada dalam gamblong namun saya pernah mencobanya sebentar. tapi akhirnya saya tinggalin sepertinya tidak ada gizinya karena entok saya jadi kecil kecil.
  3. keong
    pakan alternatif yang terakhir yang pernah saya coba adalah keong, keong mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus buat entok, namun kelemahanya adalah keong sangat sulit dicari terlebih apabila anda tinggal di kawasan perkotaan.
oke seperti diatas pakan tambahan untuk menghemat pengeluaran anda dalam beternak entok semoga memberi manfaat buat semuanya.
Comments
0 Comments

0 ulasan:

Catat Ulasan

 
Top
Blogger Template